Langsung ke konten utama

BONUS DEMOGRAFI MENCETAK SDM UNGGUL


https://images.app.goo.gl/aZX1ZVtfP3P3UNrYA


100 tahun Dirgahayu NKRI tepatnya pada tahun 2045, Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi. Bonus demografi di Indonesia dimulai dari tahun 2020 hingga 2045. Bonus demografi adalah kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif. Untuk memanfaatkan kondisi tersebut Indonesia sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia yang unggul. Untuk menghadapi bonus demografi, masyarakat yang ada di rentang tersebut harus difasilitasi. Sebab jika tidak, mereka akan menganggur sehingga melakukan aksi unjuk rasa karena tidak percaya terhadap pemerintah. Selain menjadi suatu peluang, bonus demografi juga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Indonesia. Jika dapat memanfaatkan kondisi tersebut dengan baik, maka berdampak baik terhadap kondisi perekonomian di Indonesia. Namun jika tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, maka jumlah pengangguran di Indonesia akan meningkat.

Dengan adanya kondisi ini, pemerintah diminta mengupayakan segala cara agar dapat memanfaatkan bonus demografi yang akan segera terjadi. Pemerintah sudah mencanangkan program prioritas pembangunan nasional ke depan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Langkah strategis ini menjadi penting karena untuk mengambil peluang dengan adanya bonus demografi yang akan dinikmati Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor industri masih memberikan kontribusi paling besar terhadap struktur produk domestik bruto (PDB) nasional pada triwulan II tahun 2019 dengan capaian 19,52 % year on year (yoy). Bergulirnya era ekonomi digital dan penerapan industri 4.0, diproyeksi mampu membuka hingga 10 juta lapangan kerja baru pada tahun 2030. Jumlah itu dinilai cukup realistis karena rata-rata keseluruhan industri bisa menyerap 700 ribuan tenaga kerja per tahun.

Peningkatan kualitas SDM juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari tingkat kesehatan, lingkungan, pendidikan, hingga infrastruktur pendukung lainnya. Dan harus diakui, salah satu penyebab rendahnya kualitas SDM adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang berasa pada daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), yang notabene masih sulit terakses. Peran pemerintah dalam menghadapi bonus demografi sangat penting.

Pada periode ke 2, Presiden Jokowi dan wakilnya Ma’ruf Amin dalam menghadapi bonus demografi melalui visi-misinya telah mencanangkan Program Prioritas Pembangunan Nasional yang bertumpu pada lima aspek. Kelima aspek tersebut adalah Pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi. Lima aspek tersebut merupakan langkah-langkah pemerintah dalam menghadapi adanya bonus demografi yang akan datang. Selain itu lima aspek tersebut harus dilakukan secara menyeluruh dan merata di seluruh Indonesia agar adanya SDM yang unggul dirasakan hingga ke pelosok negri. Hal ini bertujuan membentuk SDM yang unggul yang memiliki sifat kompetitif dalam berkarakter yaitu pekerja keras, jujur, kolaboratif, solutif, dan enterpreneurship selain itu SDM harus kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menguasai the emerging skills yang mempu mengisi the emerging jobs dan inovatif serta membangun the emerging business. Selain itu Presiden Jokowi juga mengharapkan generasi muda agar senantiasa meningkatkan kualitas kesehatan dengan budaya hidup sehat yang diharapkan mampu menurunkan angka stunting di Indonesia sehingga memiliki SDM yang sehat, kuat, dan menjadi generasi premium.

Pendidikan merupakan langkah awal pembentukan SDM yang unggul. Untuk mencetak SDM yang unggul ada bebera kompetensi yang harus dikembangkan seluruh instansi pendidikan agar dapat mencapai tujuan awal yaitu membentuk SDM yang unggul. Beberapa kompetensi yang perlu dikembangkan untuk menciptakan SDM unggul agar bisa menopang implementasi industri 4.0. Di antaranya harus mengusai tentang coding dan programming mekatronika atau otomasi, data otomasi analysis dan statistics, artificial intelligence, serta soft skill flexibility. Guna mendukung sasaran tersebut, Kemenperin telah menggulirkan berbagai program jitu, di antaranya pendidikan vokasi yang link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan industri, Diklat sistem 3in1 (pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja), pengembangan pendidikan dual system di unit pendidikan Kemenperin, pembagunan politeknik atau akademi komunitas di kawasan industri, serta mencetak SDM industri 4.0.

Pada bidang infrastruktur tidak perlu ditanya lagi karena pada periode pertama Presiden Jokowi telah meningkatkan berbagai infrastruktur di Indonesia seperti Tol Trans Jawa, LRT, MRT, dan berbagai infrastruktur lainnya. Namun pembangunan tersebut dirasa kurang memberikan dampak yang baik bagi masyarakat di daerah-daerah pelosok. Pada periode kedua ini kita harapkan pembangunan infrastruktur dapat dirasakan oleh masyarakat di seluruh wilayah nusantara. Karena bonus demografi akan berdampak maksimal jika adanya SDM unggul yang merata dan menyeluruh. Jika pembangunan infrastrukutur merata dan menyeluruh, maka dapat memudahkan peningkatan SDM demi memanfaatkan bonus demografi di Indonesia.

Selain pemerintah, bonus demografi juga membutuhkan peran serta lembaga atau organisasi masyarakat, maupun masyarakat sekitar. Sehingga dalam pelaksanaan peningkatan SDM di masyarakat sejalan dengan tujuan yang diinginkan oleh pemerintah. Peran masyarakat dalam mencapai manfaat adanya bonus demografi sangat dibutuhkan pemerintah. Karena sikap dan sifat generasi muda sekarang sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan dan pergaulan sehari-hari. Sehingga setiap orang tua diharapkan dapat membimbing putra-putrinya agar memiliki sikap, sifat, dan moral yang baik guna menuju SDM unggul.


Organisasi di Indonesia juga dapat berperan serta dalam bonus demografi maupun pembentukan SDM. KADIN sebagai salah satu organisasi ekonomi di Indonesia sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia serta membawa peran penting dalam usaha peningkatan SDM. KADIN adalah kependekan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia yang merupakan organisasi yang bergerak dibidang ekonomi. Dengan tujuan mewujudkan dunia usaha Indonesia yang kuat dan berdaya saing tinggi yang bertumpu pada keunggulan nyata sumber daya nasional, yang memadukan secara seimbang keterkaitan antar-potensi ekonomi nasional. Hal tersebut sangat bermanfaat jika pada bonus demografi nantinya Indonesia akan dipenuhi dengan banyak SDM yang unggul sehingga dengan adanya KADIN dapat memudahkan SDM untuk terjun ke dunia usaha. KADIN dalam pelaksanaannya juga menerapkan dimensi tertib hukum, etika bisnis, kemanusiaan, dan kelestarian lingkungan dalam suatu tatanan ekonomi pasar dalam percaturan perekonomian global dengan berbasis pada kekuatan daerah, sektor usaha, dan hubungan luar negeri. Sehingga dalam kegiatan ekonomi nantinya para pelaku bisnis dapat bertarung secara sehat dan dapat mempertahankan kekuatan daerah dalam perekonomian global.

Dalam pelayanannya KADIN menyediakan Website pada kadin.id dan juga memiliki beberapa platform seperti Facebook, Youtube, Twitter, dan Instagram dalam website dan platform tersebut berisi informasi-informasi mengenai perekonomian di Indonesia maupun di dunia. Sehingga dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam memulai maupun mengembangkan bisnisnya.

Mari manfaatkan bonus demografi ini dengan SDM yang unggul sehingga dapat menjadi Indonesia Maju dan Produktif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Internetan Bersama UBIQU

Internet dewasa ini merupakan hal wajib bagi setiap pelaku bisnis maupun pelajar. Karena internet di era modern ini merupakan salah satu penghubung satu sama lain. Pada bulan Juni ,   OpenSignal   kembali merilis laporan koneksi  4G  secara global. Dibandingkan dengan negara lain, kecepatan internet Indonesia masih belum lebih baik. Pada Februari 2019, Indonesia ada di posisi ke-74 dari 77 negara dengan kecepatan  internet  download paling tinggi 18,5 Mbps dan paling rendah 5,7 Mbps. Sedangkan per Mei ini, Indonesia berada di peringkat 73 dari 87 negara dengan kecepatan 6,9 Mbps. Indonesia dengan wilayah yang luas menyebabkan internet tidak dapat dijangkau ke pelosok-pelosok nusantara. Hal ini dianggap merugikan pelaku bisnis maupun pelajar karena tidak dapat mengakses internet ketika berada di daerah pelosok. Namun jangan panik tanpa piknik kamu sudah bisa asik dengan menggunakan UBIQU UBIQU adalah layanan internet satelit broadband terbaru dari PT. Pasifik Satelit Nusant